Info TPB: Kalender Akademik Semester Ganjil dan Genap Tahun Akademik 2018/2019 bisa dicek Di Sini Info TPB: Jadwal kuliah perdana semester genap UNCP tahun akademik 2018/2019 pada tanggal 11 Februari 2019 Info TPB: Tema kuliah perdana semester genap uncp 2019 "Mempersiapkan SDM Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 Agar Dapat Bersaing Secara Global" Info TPB: Saat ini Pendaftaran dapat juga dilakukan secara online dengan mengunjungi website www.pmb.uncp.ac.id

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Kependidikan merupakan Fakultas pertama di UNCP dengan mengelola 6 Program Studi, yaitu S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian (FAPERTA) merupakan salah satu dari 4 fakultas dilingkup Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). FAPERTA membina dua program studi yakni Program Studi S1 Agribisnis dan Program Studi S1 Agroteknologi.

Fakultas Sains

Fakultas Sains (FSAINS) merupakan salah satu dari 4 fakultas dilingkup Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). FSAINS membina empat program studi yakni Program Studi S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, dan S1 Matematika.

Fakultas Teknik Komputer

Fakultas Teknik Komputer (FTKom) pada saat dibentuk sampai sekarang membina satu program studi yaitu program studi S1 Teknik Informatika. Walaupun hanya membina satu program studi, telah dibentuk dua konsentrasi yaitu: rekayasa perangkat lunak dan jaringan komputer.

Program Pasca Sarjana

Program studi S2 Pendidikan Matematika merupakan program baru di Universitas Cokroaminoto Palopo. Saat ini Program Studi S2 Pendidikan Matematika sedang mengusulkan ke BAN-PT dengan akreditasi minimal C.

Wednesday, December 31, 2014

Perbedaan Ovipar dan Vivipar

Contoh Hewan Ovipar dan Vivipar, 
Secara generatif, Hewan dapat berkemban biak dengan tiga cara yaitu dengan ovipar, vivipar dan ovivipar. Kebanyakan hewan yang ada di dunia berkembang biak dengan cara Ovipar dan cara vivipar, kedua cara perkembang biakan tersebut mempunyai beberapa perbedaan.

Perkembangbiakan dengan cara Ovipar yaitu perkembang biakan dengan cara bertelur, sedangkan perkembangbiakan dengan cara Vivipar yaitu perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Dari pengertian dari kedua cara perkembangbiakan hewan tersebut maka dapat kita liha dengan jelas perbedaannya.

Jika pada perkembang biakan ovipar embrio hewan ini berkembang didalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang ada di dalam telur, sedangkan telur berada di luar tubuh induknya. agar menetas, telur biasanya dierami. Sedangkan pada perkembangbiakan vivipar, embrio ini berkembang di dalam tubuh iduknya dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. setelah embrio atau anak hewan ini cukup umur akan dikeluarkan dari tubuh induknya atau dilahirkan.

Baca juga ini:

Perbedaan antara perkembangbiakan Ovipar dan Vivipar dapat pula kita lihat dari jenis hewan yang menggunakan cara tersebut. Kebanyakan hewan yang menggunakan cara perkembangbiakan ovipar yaitu ikan, reptil, amfibi, dan burung. Sedangkan kebanyakan hewan yang menggunakan cara perkembangbiakan vivipar yaitu semua jenis mammalia, misalnya kambing, kucing, kuda , kelinci, paus, dan lumba-lumba.

Coba kalian mengamati hewan ayam serta kucing yang ada disekitar rumahmua, bagimana mereka berkembang biak? yang mana dari hewan tersebut yang berkembangbiak dengan cara ovipar dan vivipar?

0 komentar:

Post a Comment