Info TPB UNCP: Kalender Akademik Semester Ganjil dan Genap T.A. 2023/2024 bisa dicek disini Info TPB UNCP: Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil 2023/2024: Tanggal 08 Januari - 20 Januari 2024 Info TPB UNCP: Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2024/2025 Gelombang 3, dimulai pada tanggal 01 Januari s/d 31 Mei 2024 Info TPB UNCP: Pendaftaran dapat juga dilakukan secara online dengan mengunjungi website www.pmb.uncp.ac.id

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Kependidikan merupakan Fakultas pertama di UNCP dengan mengelola 6 Program Studi, yaitu S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian (FAPERTA) merupakan salah satu dari 4 fakultas dilingkup Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). FAPERTA membina dua program studi yakni Program Studi S1 Agribisnis dan Program Studi S1 Agroteknologi.

Fakultas Sains

Fakultas Sains (FSAINS) merupakan salah satu dari 4 fakultas dilingkup Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). FSAINS membina empat program studi yakni Program Studi S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, dan S1 Matematika.

Fakultas Teknik Komputer

Fakultas Teknik Komputer (FTKom) pada saat dibentuk sampai sekarang membina satu program studi yaitu program studi S1 Teknik Informatika. Walaupun hanya membina satu program studi, telah dibentuk lima konsentrasi peminatan yaitu: Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Multimedia, Desain Web, dan Sistem Informasi Geografis.

Program Pasca Sarjana

Program studi S2 Pendidikan Matematika merupakan program baru di Universitas Cokroaminoto Palopo. Saat ini Program Studi S2 Pendidikan Matematika sedang mengusulkan ke BAN-PT dengan akreditasi minimal C.

Jumat, 11 Januari 2019

Beberapa Istilah yang Sering Kita Dengar Dalam Lingkungan Kampus

Bagikan:
Beberapa Istilah yang Sering Kita Dengar Dalam Lingkungan Kampus ~ Bagi mahasiswa baru yang baru dalam dunia kampus pasti masih awam dengan beberapa istilah yang yang didengar dalam lingkungan kampus. Berikut ini beberapa istilah yang sering di dengar dalam lingkungan kampus beserta pengertiannya.

1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.

2. Program Studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan atau pendidikan vokasi.

3. Program sarjana adalah jenjang pendidikan akademik yang mempunyai beban studi paling sedikit 144 satuan kredit semester (sks) dengan masa studi 4 sampai 5 tahun setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

4. Satuan Kredit Semester yang selanjutnya disingkat SKS adalah takaran waktu kegiatan belajar yang dibebankan pada mahasiswa per minggu per semester dalam proses pembelajaran melalui berbagai bentuk pembelajaran atau besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kurikuler di suatu program studi.

5. Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan 48 - 54 jam per minggu.

6. Mata kuliah dasar umum adalah kelompok mata kuliah wajib nasional ditujukan untuk mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa sebagai individu dan warga masyarakat.

7. Mata kuliah universitas adalah kelompok mata kuliah wajib sebagai penciri universitas yang ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai etika dan moral mahasiswa agar menjadi insan berkarakter dan bertanggung jawab.

8. Mata kuliah fakultas adalah mata kuliah wajib ditingkat fakultas yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam landasan keahlian berkenaan dengan bidang ilmu.

9. Mata kuliah inti program studi adalah kelompok mata kuliah wajib di tingkat program studi yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam keahlian utama berkenaan dengan bidang ilmu.

10. Konversi adalah penetapan bobot dan kesetaraan suatu mata kuliah dari program studi lain atau perguruan tinggi lain terhadap mata kuliah yang tercantum pada kurikulum program studi di Universitas Cokroaminoto Palopo.

11. Indeks Prestasi Semester (IPS) adalah angka indeks yang diperoleh melalui penjumlahan dari perkalian angka mutu dengan sks suatu mata kuliah dibagi dengan jumlah sks dari semua mata kuliah yang telah lulus dalam suatu program studi.

12. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

13. Penasehat akademik adalah dosen yang ditunjuk memberi nasehat bagi kelancaran studi mahasiswa

14. Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pada Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

15. Mahasiswa pindahan adalah mahasiswa yang pindah dari perguruan tinggi lain atau antarprogram atau di dalam lingkungan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

Referensi: Kurikulum Universitas Cokroaminoto Palopo, 2015

0 comments:

Posting Komentar